Fakta Menarik Mengenai Ikan Badut

bukupediaikan Ikan badut atau ikan giru (clownfish) menjadi semakin terkenal setelah diangkat menjadi tokoh Nemo dalam film animasi Pixar, Finding Nemo. Ikan badut termasuk dalam subfamili Amphiprioninae dan ditemukan dalam berbagai warna. Sebagian besar spesies memiliki dua atau tiga garis putih yang membuat mereka mudah dibedakan dengan habitatnya. Berikut adalah beberapa fakta tentang ikan badut yang kecil ini:

Fakta Menarik Mengenai Ikan Badut






- 1. Meskipun ikan badut pada umumnya dikenali dengan warna cerah dan garis putih pada tubuhnya, namun ciri ini tidak berlaku untuk ikan badut sigung oranye (orange skunk clownfish).

Spesies ini hanya memiliki satu garis yang terbentang dari kepala hingga ke tulang belakangnya.

- 2. Selain warna oranye dan putih yang sering terlihat, ikan badut juga ditemukan memiliki warna lain seperti kuning, merah, merah marun, dan hitam.

- 3. Ikan badut menyukai perairan tropis di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Mereka terutama ditemukan di wilayah Laut Merah, Great Barrier Reef di timur laut Australia, Jepang, dan kawasan Indo-Malaysia.

- 4. Terdapat 28 spesies ikan badut yang umumnya hidup di dasar laut, di antara terumbu karang. Mereka adalah salah satu dari sangat sedikit ikan yang bisa hidup berdampingan dengan anemon.

- 5. Ikan badut kebal terhadap sengatan tentakel anemon. Bahkan, mereka memiliki hubungan simbiosis dengan ikan badut memakan tentakel anemon mati.

Ikan badut juga mensirkulasi air di sekitar anemon saat berenang menggunakan sirip kecil mereka.

Sebagai balas jasa, anemon menggunakan tentakel berbisa mereka untuk melindungi ikan badut dari pemangsa.

- 6. Ikan badut memiliki lapisan lendir yang bertindak sebagai perisai pelindung dari sengat tentakel anemon yang berbahaya.

- 7. Ukuran rata-rata ikan badut sekitar 5 cm hingga 8 cm. Namun, ikan badut Gold Stripe Maroon merupakan spesies terbesar dan dapat tumbuh 13 cm hingga 18 cm.

- 8. Semua ikan badut dilahirkan sebagai jantan, tetapi dapat berubah menjadi ikan betina untuk kemudian bertelur.

Ketika seekor betina mati, jantan yang paling dominan akan mengubah jenis kelaminnya menjadi betina.

- 9. Ikan badut hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan sangat teritorial. Mereka bahkan tidak berenang jauh dari anemon wilayah mereka karena khawatir direbut oleh individu lain.

- 10. Rentang hidup rata-rata ikan badut di penangkaran adalah 3 sampai 5 tahun. Namun, di alam liar, mereka dapat hidup sampai 10 tahun.

- 11. Ikan badut termasuk dalam omnivora. Mereka memakan invertebrata kecil yang mungkin membahayakan anemon.

Mereka juga makan sisa-sisa makanan anemon laut seperti ikan dan udang. Selain itu, ikan badut memakan pula ganggang, plankton dan moluska.

- 12. Saat penyelam atau ikan lain mendekati anemon tempat tinggal mereka, ikan badut tidak akan ragu menyerang menggunakan gigi kecil mereka.

- 13. Ikan badut bertelur sekitar 100 hingga 1000 butir. Ikan betina biasanya menggunakan batu untuk meletakkan telur, yang selanjutnya dirawat oleh jantan.

- 14. Betina biasanya bertelur saat bulan purnama dan menetas setelah 6 atau 10 hari, biasanya 2 jam setelah senja.