Beberapa Fakta Menarik Mengenai Ikan Mola Mola

bukupediaikan - Tahukah kalian bahwa ikan Mola Mola atau Sunfish diklasifikasikan dalam kelompok hewan rentan terhadap kepunahan. Bahkan berada pada kelompok tingkat rentan kepunahan yang sama dengan beruang kutub, cheetah dan panda raksasa.

Berharap hasil riset laboratorium tidak berujung pada fakta miris, salah satunya karena polusi laut yang makin parah, mari cari tahu fakta fakta unik tentang ikan Mola Mola. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya!







1. Mola Mola adalah nama ilmiah dari Sunfish laut

Kerabat terdekat ikan Mola Mola adalah ikan buntal dan triggerfish. Ikan ini sangat rentan terhadap serangan parasit di laut. Untungnya, ikan ini tidak berbahaya untuk manusia.

Mereka bisa menyelam hingga 2.600 kaki. Umumnya, mereka suka nongkrong di kedalaman 160 hingga 650 kaki (sekitar 46-198 meter), tetapi kadang-kadang bisa lebih dalam.

2. Ikan Mola Mola sangat suka berjemur

Setelah menyelam di bagian laut yang paling dalam dan paling gelap untuk berburu mangsa, ikan Mola Mola menghabiskan setengah hari berjemur di bawah sinar matahari di dekat permukaan air, untuk menghangatkan kembali tubuh mereka dan membantu kelancaran pencernaan mereka.

Mereka mungkin terlihat seperti sedang pura-pura mati jika kamu cukup beruntung untuk melihatnya di alam liar. Itu karena Sunfish laut sering terlihat berbaring miring di permukaan, kadang-kadang mengepakkan sirip punggung mereka.

3. Ikan Mola Mola bisa “menampung” 54 spesies di tubuhnya

Menariknya, mereka bisa berada di permukaan untuk menarik burung laut dari atas atau ikan dari bawah untuk membersihkan parasit dari kulit mereka. Wah, makhluk hidup lain suka berkumpul di ikan Mola Mola!

4. Berat ikan Mola Mola bisa lebih dari satu mobil

Rerata ikan Mola Mola memiliki panjang 10 kaki (atau sekitar 305 cm) dan berat 2.200 pound (atau sekitar 998 kg). Bahkan ikan Mola Mola laut terbesar memiliki berat 2,5 ton, yang sebanding dengan SUV, menjadikannya ikan bertulang terbesar di dunia. Wow, ngeri juga kalau sampai tertimpa ikan ini ya!

5. Ikan Mola Mola termasuk dalam salah satu spesies hewan dengan jumlah “anak” terbanyak dalam sekali reproduksi

Mereka bertelur jutaan. Sunfish dapat bertelur hingga 300 juta telur sekaligus, lebih dari vertebrata mana pun. Wah, itu lebih dari jumlah populasi penduduk Indonesia tahun 2019 sih. Banyak banget!

6. Ikan Mola Mola adalah bentuk pembayaran pajak yang dapat diterima masyarakat di Jepang pada abad ke-17

Selama tahun 1600-an dan 1700-an, Mola mola digunakan sebagai pembayaran pajak oleh para shogun di Jepang. Unik juga ya ikan dijadikan sebagai fasilitas pembayaran.

7. Dalam bahasa Jerman, mereka disebut Schwimmender Kopf yang berarti kepala berenang

Sedangkan nama Polandia untuk ikan Mola Mola adalah samogłów, yang berarti ‘kepala saja.’ Mola-mola laut menggunakan sirip punggung dan sirip dubur yang dimodifikasi untuk daya dorong yang gesit saat berenang, menggantikan kekurangannya yang tidak memiliki ekor.

Itulah tadi beberapa fakta terunik dari ikan Mola Mola yang perlu kamu tahu. Menakjubkan ya kedalaman laut punya makhluk mengesankan seperti ini. Semoga ikan Mola Mola tidak sampai punah ya.