Beragam Jenis Ikan Mas Tercantik

bukupediaikan - Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia karena dianggap memiliki bentuk yang bagus. Selain itu dari jenisnya ikan mas koki memiliki harga yang murah hingga harga termahal di pasaran, berdasarkan jenis dan warna ikan mas koki yang cantik dan langka. Ciri khas dari jenis ikan mas koki adalah terdapat tonjolan di kepala dan perut yang buncit. Seperti apa jenis ikan mas koki yang paling bagus, langka dan termahal di pasaran? Ini ulasan lengkapnya!

Dahulu jenis ikan mas koki di Indonesia tidak sebanyak sekarang. Jenis ikan mas koki sekarang dapat dikatakan sangat banyak karena para pembudidaya berhasil menyilangkan dan menghasilkan jenis ikan mas koki baru, mulai dari yang paling bagus hingga yang lagka. Setidaknya da kurang lebih 20 jenis ikan mas koki paling populer, bagus, langka dan termahal  di pasaran Indonesia.

Harga berbagai jenis ikan mas koki beragam, mulai dari jenis ikan mas koki dengan harga Rp 20.000. hingga jenis ikan mas koki paling bagus, langka dan termahal yang bisa mencapai harga mulai Rp 1.000.000. Semakin langka jenis ikan mas koki dan memiliki corak warna yang cantik, maka akan membuat harga dari jenis ikan mas koki semakin mahal. Berikut jenis ikan mas koki paling populer, bagus hingga termahal di pasaran. Yuk disimak!









1. Jenis Ikan Mas Koki Mutiara

Bisa dibilang jenis ikan mas koki mutiara merupakan jenis ikan koki unik dan cantik yang paling banyak dicari. Budidaya jenis ikan mas koki mutiara juga terbilang sukses di Indonesia, hal ini karena ikan mas koki mudah menyesuaikan kondisi dengan tempat tinggal atau ekosistem mereka. Jenis ikan mas koki mutiara memiliki ciri khas berupa pola sisik menyerupai sebuah mutiara. Harga jenis ikan mas koki mutiara ini bisa dibilang termahal, selain itu jenis ikan mas koki ini merupakan jenis ikan mas koki paling bagus dan cantik.

2. Jenis Ikan Mas Oranda

Jenis ikan mas koki oranda juga memiliki banyak peminatnya di Indonesia. Ikan mas koki orando banyak dicari karena memiliki harga yang tidak tergolong termahal untuk ukuran jenis ikan mas koki. Selain itu jenis ikan mas koki orando memiliki corak warna yang bagus, cantik dan unik. Ikan mas koki oranda jumbo bisa memiliki ukuran dua kali lipat dibanding jenis ikan koki pada umumnya. Bentuk tubuh dan warnanya yang cantik membuat harga ikan mas koki oranda juga lumayan mahal.

3. Jenis Ikan Mas Koki Rancu

Jenis Ikan mas koki rancu merupakan jenis ikan mas koki baru di Indonesia. Jenis ikan mas koki rancu mampu tumbuh dengan ukuran tubuh hingga 30 cm dan bisa hidup  sampai 10 tahun. Jenis ikan mas koki rencu memiliki ciri khas bentuk tubuh bungkuk dan memiliki pola sisik mutiara dibagian punggungnya, inilah yang membuat jenis ikan mas koki satu ini unik. Selain tiu warna dari jenis ikan mas koki rancu adalah putih, merah, dan orange inilah yang membuatnya masuk ke dalam daftar jenis ikan mas koki paling bagus dan langka di pasaran.

4. Jenis Ikan Mas Koki Lionhead

Untuk seorang pemula dan baru mengenal berbagai jenis ikan mas koki, tentu akan mengira jenis ikan mas koki lionhead sama dengan ikan mas koki renchu. Namun faktanya kedua jenis ikan mas koki ini berbeda, meskipun sama-sama bagus dan unik.  Jika kita melihat sekilas memang bentuk jenis ikan mas koki lionhead sama dengan ikan mas koki ranchu, tapi lihatlah pada bagian kepalanya. Jenis ikan mas koki lionhead memiliki bentuk kepala yang membengkak layakanya surai pada seekor singa Unik dan bagus bukan? tak heran jensi ikan mas koki satu ini masuk ke dalam daftar jenis ikan mas koki paling bagus dan langka di pasaran.

5.  Jenis Ikan Mas Koki Ryukin

Jenis ikan mas koki yang masuk ke dalam daftar jenis ikan mas koki paling bagus selanjutnya adalah ikan mas ryukin, jenis ikan mas koki satu ini bisa dibilang sebagai ikan mas koki tercantik di pasaran bahkan di dunia. Warna jenis ikan mas koki ryukin sangat beraneka ragam, mulai dari merah, kuning, orange, dan putih. Sirip jenis ikan mas koki ryukin panjang dan mampu memiliki ukuran tubuh hingga 30 cm. Harga jenis ikan mas ryukin kontes bisa dibandrol hingga jutaan rupiah, dan termahal di pasaran.

6. Jenis Ikan Mas Koki Bubble Eye

Mendengar namanya saja sudah jelas mana yang menjadi ciri khas dari jenis ikan mas koki satu ini. jenis ikan mas koki bubble eye memiliki bentuk wajah yang aneh, unik dan bagus. Mata ikan mas koki bubble eye besar dan cenderung seperi balon. Jenis ikan mas koki bubble eye bisa dibilang menjadi jenis ikan mas koki terlangka, untuk harga jenis ikan mas koki bubble eye bisa dijual seharga Rp 30.000.per ekor.

7. Jenis Ikan Mas Koki Black More

Seperti namanya, jenis ikan mas koki ini memiliki warna hitam pekat dari kepal hingga ujung ekor. Warna mata dari jenis ikan mas koki black more juga hitam. Cara merawat jenis ikan mas koki ini sangatlah mudah, kita tinggal memberikan makan berupa pelet. Barikan juga pompa oksigen dan air untuk menambah kadar oksigen di aquarium agar jenis ikan mas koki black more dapat bertahan hidup lebih lama.

8. Jenis Ikan Mas Koki Calico

Mungkin sebagian orang sangat awam dengan jenis ikan mas koki satu ini. Ciri khas dari ikan mas koki calico adalah memiliki 3 warna yang berbeda. Selain itu ikan mas koki calico memiliki sirip panjang dan kepala berukuran kecil hampir sama dnegan ikan mas koki ryukin.

9. Jenis Ikan Mas Koki Butterfly Tail

Jenis ikan mas koki satu ini sangatlah bagus, langka dan jarang ditemukan di pasaran Indonesia, jika pun ada pasti harga jenis ikan mas koki ini sangtlah mahal. Jenis ikan mas koki ini sering menjadi ikan mas koki kontes karena bagus, unik dan langka, selain itu jenis ikan mas koki ini memiliki harga termahal. Ciri khas dari ikan mas koki butterfly tail adalah corak sirip ekor seperti kupu-kupu.

10. Jenis Ikan Mas Koki Choten Gen

Jenis ikan mas koki choten gen hampir sama seperti ikan mas koki bubble eye. Bedanya bentuk mata ikan mas koki choten gen lebih kecil dan hanya memiliki satu warna dalam tubuhnya, itulah yang membuat jenis ikan mas koki ini unik. Ikan mas koki ini merupakan jenis ikan mas koki terkecil di dunia, dan hanya memiliki ukuran maksimal 15 cm.

Bagaimana, berminatkah anda membeli salah satu jenis ikan mas koki tersebut. Untuk mempermudah anda mencari harga ikan mas koki, slahkan klik harga ikan mas koki terbaru . Semoga artike ini bermanfaat dan membantu anda dalam mengenal jenis-jenis ikan mas koki.